Pages

Category

Sunday, August 1, 2010

Merintis Tourism Guide bersama Department of Tourism


Berawal dari gagasan sederhana untuk membagikan informasi kepada siapa saja yang pertama kali berkunjung ke sebuah tempat, kami membuka diskusi dan mencari solusi yang sederhana, praktis namun informatif. Informasi apa saja yang diperlukan oleh setiap pengunjung baru? Tidak perlu banyak responden karena kami sendiri mengalami saat-saat awal menginjakkan kaki di tanah air Jose Rizal ini. Diskusi kami mengarah pada point-point yang diperlukan oleh pengunjung baru atau turis yang baru berkunjung. Point-point yang kami tetapkan adalah tempat/situs tujuan, makanan khas, tempat menginap, tempat makan/restoran serta informasi sederhana tentang penukaran mata uang. Akan lebih baik dapat dilengkapi contoh percakapan sehari-hari. Media yang akan digunakan tentu saja perangkat mobile atau cell-phone.
Prototipe Tourism Guide pun disusun. Ada dua buah prototipe yang kami susun, sebuah prototipe untuk mobile device spesifikasi tinggi dan sebuah prototipe untuk mobile device spesifikasi menengah. Tidak ada syarat tertentu yang penting support Java. Prototipe mengambil kota Semarang sebagai obyek. Sambil menyusun prototipe gagasan ini kami sampaikan ke Konsulat Jenderal RI Davao. Gagasan kami disambut baik bahkan ide tersebut diteruskan ke Department of Tourist Regional XI Philippine.
Selasa 27 Juli 2010 tim Seamolec Davao 2010 menyampaikan presentasi Tourism Guide di Department of Tourism Regional XI Philippine. Subhanallah, gagasan kami dinilai gagasan cemerlang. Aplikasi yang akan didistribusikan secara free ini dinilai akan mampu mengangkat pariwisata Philipina khususnya Regional XI. Mrs. Sonia Gracia pun mengajak kami untuk menyampaikan presentasi di pertemuan provider pariwisata yang akan dilaksanakan keesokan harinya di Tagum. Kami pun menerima ajakan tersebut.
Kami pun berangkat ke Tagum City tepatnya Banana Beach keesokan harinya. Presentasi pun dimasukkan dalam daftar acara rapat pemilihan pimpinan provider pariwisata regional XI. Beberapa kontingen menyambut baik gagasan dan bersedia membantu.
Gagasan telah kami sampaikan, selanjutnya kami menunggu konfirmasi teknis pengambilan data dan penyusunan aplikasi. Semoga karya ini dapat bermanfaat, dan mengangkat nama Indonesia, tanah air tercinta.

No comments:

Post a Comment